Bayam sebagai terapi kesehatan dan kecantikan



Tidak biasa diragukan lagi, bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang begitu akrab di telinga kita.Mungkin, tanpa bayam, sayuran yang kita masak terasa kurang lengkap. Banyak orang yang memanfaatkan sayur bayam sebagai menu favorit mereka. Bahkan di Nigeria bayam terkesan didewakan karena fungsinya yang amat besar sebagai pengobat rasa gugup. Fungsi bayam lainnya cukup banyak, seperti terapi untuk mengobati asma dan eksim, kecantikan, menyembuhkan sakit mata, penawar racun dan sebagainya.


Semula, bayam dikenal sebagai tumbuhan hias. Setelah itu, bayam dikenal sebagai bahan pangan sumber protein dan obat –obatan, terutama untuk Negara-negara berkembang. Ada yang beranggapan, bayam masuk ke Indonesia pada abad ke-19 ketika lalu lintas perdagangan orang luar negri masuk ke wilayah Indonesia. Mulanya, bayam berasal dari daerah Amerika tropic. Orang latin mengenalnya dengan istilah Amaranthus spp. Kata “Amaranth” dalam bahasa latin berarti “Abadi” (everlasting).
            Sejauh ini, bayam yang di bududayakan di Indonesia ada  dua jenis. Pertama, bayam cabut atau bayam sekul alias bayam putih (A.tricolor L.). ciri-cirinya adalah, memiliki daun lebar-lebar, yang dibedakan pada dua species; (1) A. hybridus caudatus L., yang memiliki daun agak panjang dengan ujung runcing, berwarna hijau kemerah-merahan atau merah tua, dan bunganya tersusun dalam rangkaian panjang terkumpul pada ujung batang. (2) A. hybridus paniculatus L., yang mempunyai dasar daun yang lebar sekali, berwarna  hijau, rangkaian bunga panjang tersusun secara teratur dan besar-besar pada ketiak daun.
            Bayam sering mengalami perubahan sifat, sesuai dengan musim dalam tiap-tiap tahun. Pada musim dingin ia bersifat dingin lembab. Pada musim panas, ia bersifat panas kering. Pada musim bunga dan musim rontok ia bersifat sedang. Namun kebayakan sifatnya cenderung kepada sifat dingin kering.
            Sebagai terapi, sayuran kegemaran tokoh film kartun “Popeye” ini biasa digunakan untuk memperbaiki sistem pencernaan, menurunkan resiko terserang kanker, mengurangi kolesterol (masih sebatas pada hewan), dan bersifat anti-diabetes. Cara kerjanya dalam menurunkan berat kolesterol pada hewan adalah dengan merubah kolesterol dalam tubuh menjadi koprostanol yang kemudian dibuang keluar tubuh. Sedangkan, yang membuatnya berkhasiat anti-diabetes adalah kandungan mangannya (Mn).
            Untuk mengobati asma dan eksim pada kulit, gunakan bayam duri Amaranthus spinosus. Tanaman ini mengandung amarantin, rutin, kalium, nitrat, piridoksin, zat besi, garam fosfat, vitamin A, C dan K. cara mengobati asma adalah, ambilah lima batang duri muda, kemudian potong-potong, termasuk daun dan kembangnya. Rebus potongan itu menggunakan lima gelas air selama 7-10 menit. Air hasil rebusan tadi diminum tiga kali sehari. Untuk anak-anak, cukup diminum setengah gelas, orang dewasa satu gelas dan bayi dua sendok makan saja.
            Untuk penyembuhan eksim, bisa  dilakukan dengan mengompres atau membalut bagian yang menderita eksim. Pengompresan menggunakan kain yang telah direndam air panas hasil rebusan bayam. Pengompresan dilakukan cukup sehari sekali saja selama 20-30 menit.
            Air sari bayam segar yang dicampur madu berkhasiat juga untuk pengobatan bronchitis, anemia, dan demam. Sementara bila bayam muda dimasak dan airnya dicampur madu, ramuan itu bisa menyembuhkan keputihan pada wanita, gangguan lever, dan gangguan saluran pencernaan, macam sembelit dan tukak lambung.
            Bayam juga bisa digunakan untuk keperluan kecantikan, seperti perawatan kulit muka, kulit kepala dan rambut. Untuk perawatan kulit muka, caranya hanya mengoleskan campuran sari air bayam dan kunyit diwajah. Dengan perawatan macam ini, akan dihasilkan kulit wajah yang bercahaya, mencegah jerawat dan kekeringan, serta mencegah penuaan terlalu cepat pada kulit wajah. Bisa juga dilakukan benganmembuat jus bayam.
            Dengan menggunakan kapas, gosoklah jus bayam kewajah dengan gerakan berputar disekitar sudut-sudut mata, dahi, sudut-sudut bibir dan dagu. Lakukan perawatam imi selama lima menit ketika bangun pagi dan malam hari menjelang tidur. Bila dipandang perlu, bisa melakukan pembilasan dengan air dingin. Usaha ini, dapat membantu mengencangkan dan menghilangkan keriput wajah antara  40-60%.
            Sedangkan untuk perawatan kulit kepala dan rambut adalah dengan mengoleskan sari air bayam secara merata pada kulit kepala dan rambut secara teratur. Hasil yang akan diperoleh adalah rambut yang tumbuh sehat.
            Begitu cukup istimewanya manfaat sayuran bayam tersebut, sehingga nabi berkali-kali menjelaskan tentang kedudukannya ditengah manusia. Dalam sebuah hadits disebutkan, bahwa “Makanlah bayam dan janganlah kalian mengoncangkan pohonnya, karena tidaklah berlalu satu haripun, melainkan beberapa tetesan dari surga menimpa kepadanya”.
            Dalam hadits diatas, bayam digambarkan sebagai salah satu makanan surge, yang nikmat rasanya. Karena itu, janganlah sekali-kali kita merusak, dengan mengguncang-guncang pohon bayam, sehingga daunnya jatuh berguguran. Sabaliknya, kita harus menjaga baik pohon bayam, dengan menyiraminya berulang kali, untuk menghidari kekeringan akibat terik matahari. Sebab, bayam akan terlihat bagus bila ditanam didaerah yang lembab tanahnya, penung dengan air.
            Untuk menegaskan tentang besarnya fungsi bayam tersebut, dikesempatan lain nabi juga pernah mengatakan, bahwa “Tidak ada satu helai daun dari daun bayam itu melainkan padanya ada tetesan dari surga”.
            Mengapa nabi Muhammad sampai mengatakan seperti  itu? Beliau menjawabnya, dikarenakan “Barang siapa makan bayam kemudian ia tidur, maka tidak mempan atasnya racun atau sihir”.
            Sebagai menu makanan lezat, sebaiknya bayam dimakan sebelum tidur. Apalagi, bila bayam itu dicampur dengan cuka, maka ia sangat baik bagi pencernaan. Buktikan dan rasakan apa saja manfaatnya.

Penulis:  Eep khunaefi
           

3 comments:

vitalitas pria mengatakan...

jadilah popay pemakan bayam biar sehat

vimax mengatakan...

terbukti bayam berkhasiat banyak

pembesar penis mengatakan...

makasih info tips bayamnya gan

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komentar Anda

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | contact us